Latihan CAT CPNS 2014

Berikut Syarat Lamaran, Jabatan, Dan Kualifikasi Pendidikan Yang Dibutuhkan Dalam Penerimaan CPNS 2013

Jumat, 06 September 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

                                       PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
PUSAT PELAPORAN DAN ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN

Lowongan CPNS 2013 - Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 211 Tahun 2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Tahun Anggaran 2013, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membuka kesempatan kepada putra-putri Indonesia terbaik lulusan Sarjana Strata 1 (S-1) dan Diploma III (D-III) untuk menjadi CPNS 2013 di lingkungan PPATK, dengan ketentuan sebagai berikut:


I. Kualifikasi Pendidikan Yang Dipersyaratkan

1. Jabatan :  Asisten Analis Transaksi Keuangan
    Jumlah  :  16
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Ekonomi / Akuntansi / Manajemen / Hukum

2. Jabatan :Asisten Peneliti Transaksi Keuangan
    Jumlah  :2
    Kualifikasi Pendidikan :S-1 Ekonomi / Akuntansi / Manajemen / Hukum

3. Jabatan : Asisten Pengawas Kepatuhan *)
    Jumlah  : 14
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Ekonomi / Akuntansi / Manajemen / Hukum

4. Jabatan : Asisten Perancang Perundang-undangan
    Jumlah  : 1
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Hukum


5. Jabatan : Asisten Penghubung Kerjasama Dalam Negeri
    Jumlah  : 1
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Hubungan Internasional / Hukum / Administrasi Publik

6. Jabatan : Asisten Penghubung Kerjasama Luar Negeri
    Jumlah  : 2
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Hubungan Internasional / Hukum

 7. Jabatan : Asisten Pemantau Sistem
    Jumlah  : 2
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Teknik Informatika / Komputer / Elektronika/ Telekomunikasi

8. Jabatan : Asisten Pemelihara Kualitas Teknologi Informasi
    Jumlah  : 4
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Teknik Informatika / Komputer / Elektronika/ Telekomunikasi

9. Jabatan : Asisten System Expert Engineer
    Jumlah  : 2
    Kualifikasi Pendidikan : S-1 Teknik Informatika / Komputer / Elektronika/ Telekomunikasi

10. Jabatan : Operator Entry Data Riset dan Analisis **)
    Jumlah  : 3
    Kualifikasi Pendidikan : D-III Teknologi Komputer / Teknologi Informatika / Sistem Informasi /
                                             Manajemen Informatika/ Keuangan /
                                             Administrasi Keuangan / Sekretaris

11. Jabatan :  Operator Entry Data Pengawasan Kepatuhan**)
      Jumlah  :  3
      Kualifikasi Pendidikan : D-III Teknologi Komputer / Teknologi Informatika / Sistem Informasi /
                                               Manajemen Informatika/ Keuangan /
                                               Administrasi Keuangan / Sekretaris

Keterangan:
*) 1 (satu) Formasi Asisten Pengawas Kepatuhan khusus untuk putra/putri Papua.
**) Pada registrasi online, kolom jabatan pilih “OPERATOR DATA ENTRY”.

 
II. Persyaratan Pelamar:

a. Persyaratan Umum
1) Warga Negara Indonesia;
2) Berusia maksimum pada tanggal 1 Desember 2013:
     i. 31 (tiga puluh satu) tahun, bagi pelamar S-1;
     ii. 30 (tiga puluh) tahun, bagi pelamar D-III.
3) Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI, atau BUMN/BUMD;
4) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat
     sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
5) Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik;
6) Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
7) Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan
    formasi jabatan;
8) Sehat jasmani dan rohani.


b. Persyaratan Khusus
1) Ijazah pelamar yang diakui yaitu ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang
    terakreditasi minimal “B” atau ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, yang telah
    mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian
    Pendidikan dan Kebudayaan.
2) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar berijazah;
    a. Sarjana (S-1) minimal 3.00 (tiga koma nol nol);
    b. Diploma III (D-III) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
3) Nilai Institutional TOEFL Prediction (ITP):
    a. Sarjana (S-1) minimal 470 (empat ratus tujuh puluh);
    b. Diploma III (D-III) minimal 450 (empat ratus lima puluh).
4) Pelamar tidak memiliki hubungan keluarga (ayah/ibu/anak/adik/kakak/mertua/ suami/isteri) dengan
    pegawai PPATK.
5) Untuk formasi khusus Putra/Putri Papua dipersyaratkan minimal salah satu orang tua kandung
    Pelamar asli Papua.
III. Pelaksanaan Tes
a. Tahapan Tes
    1) Tahapan tes yang akan dilalui oleh peserta adalah:
1. Seleksi Administrasi
2. Tes Kompetensi Dasar menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
3. Tes Kompetensi Bidang yang terdiri atas:
    a. Tes Substansi;
    b. Tes Pengetahuan Akademik ; dan
    c. Tes Psikologi
4. Tes Wawancara Akhir
2) Pada tiap tahapan tes diterapkan sistem gugur. Apabila peserta tidak mampu memenuhi standar
    minimum yang telah ditetapkan, maka peserta yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti
    tahapan tes selanjutnya. Ketentuan ini berlaku mengikat kepada seluruh peserta tes CPNS
    PPATK Tahun Anggaran 2013.

b. Lokasi Tes
1) Tes Kompetensi Dasar diselenggarakan di 3 (tiga) kota, yaitu:
    a. Jakarta;
    b. Medan; dan
    c. Makassar.
2) Tes Kompetensi Bidang dan Tes Wawancara Akhir diselenggarakan di Jakarta. 

IV. Ketentuan Pendaftaran

     a. Pelamar melakukan registrasi online pada tanggal 3 s.d. 17 September 2013 di registrasi nasional
        BKN dengan alamat (http://sscn.bkn.go.id) dan selanjutnya ketik PUSAT PELAPORAN DAN
        ANALISIS TRANSAKSI KEUANGAN pada kolom instansi yang akan dilamar.
     b. Setelah melakukan registrasi online, Pelamar wajib mengirimkan dokumen lamaran yang
         dipersyaratkan;
     c. Dokumen lamaran ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pusat
         Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Tahun Anggaran 2013;
     d. Dokumen lamaran dialamatkan ke PO BOX 3300 JKT 10033 Jakarta dan diterima paling lambat
         tanggal 22 September 2013;
     e. Dokumen lamaran berupa:
          1. Hasil cetak (print out) nomor registrasi online
          2. Surat lamaran yang ditandatangani sendiri oleh pelamar;
          3. Daftar Riwayat Hidup yang ditandatangani sendiri oleh pelamar;
          4. Foto copy ijazah terakhir dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
              berwenang;
          5. Pas foto terbaru sebanyak 4 (empat) lembar ukuran 3x4 (berwarna) dengan latar belakang biru
              dan nama pelamar ditulis di belakang pas foto;
          6. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
          7. Foto copy sertifikat Institutional TOEFL Prediction yang masih berlaku pada tanggal 3 September
            2013.
    f. Dokumen lamaran pada butir (e) wajib disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map kertas dengan
       warna :
          1. Biru untuk Pelamar berijazah S-1
          2. Merah untuk Pelamar berijazah D-III
   g. Pelamar wajib mencantumkan nomor registrasi online dan lokasi Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada
       pojok kanan atas amplop, map kertas, dan surat lamaran;
   h. Pelamar untuk formasi khusus Putra/Putri Papua juga mencantumkan tulisan “FORMASI PAPUA”pada
       pojok kiri atas amplop, map kertas, dan surat lamaran;
   i. Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh
      pelamar.
V. Seleksi Administrasi dan Pemanggilan Tes Kemampuan Dasar
a. Bagi pelamar yang tidak melakukan registrasi On-Line namun hanya mengirimkan berkas lamaran
    melalui PO BOX atau sebaliknya, dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak diproses lebih lanjut.
b. Berkas lamaran yang dialamatkan pada kantor PPATK dan/atau diterima sebelum pengumuman
    pengadaan CPNS ini diumumkan, tidak diproses lebih lanjut;
c. Berkas lamaran yang diterima panitia diluar PO BOX dan melewati batas waktu yang telah ditentukan,
    dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak diproses lebih lanjut;
d. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan diumumkan melalui situs internet resmi Pusat
    Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) www.ppatk.go.id, pada hari Selasa tanggal 1
    Oktober 2013.

VI. Lain-lain 

a. Pelamar/Peserta seleksi tidak dipungut biaya;
b. Transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan seleksi ditanggung oleh Peserta seleksi;
c. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus dari seluruh proses seleksi, tetapi mengundurkan diri diwajibkan
    mengganti biaya seleksi yang telah dikeluarkan oleh PPATK.
d. Keputusan Tim Pengadaan CPNS PPATK Tahun Anggaran 2013 bersifat final dan tidak dapat
    diganggu gugat.



 
 
      
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014