Latihan CAT CPNS 2014

Jumlah Rincian Formasi CPNS 2013 Yang Diperebutkan

Jumat, 13 September 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

Seleksi CPNS 2013 - Pertarungan memperebutkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 Pemprov plus enam kabupaten/kota di Sumbar, resmi ditabuh. Tercatat 624 formasi bakal diperebutkan calon peserta CPNS 2013, umumnya didominasi formasi tenaga guru.

Rinciannya, Pemprov sebanyak 193 orang, Kepulauan Mentawai 141 orang, Solok Selatan 100 orang, Padangpanjang 50 orang, Pasaman 40 orang, Sawahlunto 50 orang, dan Dharmasraya 50 orang. Pemprov Sumbar bersama Dharmasraya dan Sawahlunto akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT), sedangkan daerah lainnya tetap memakai sistem lembar jawaban komputer (LJK).

"Hari ini (12/9), pengumuman formasi CPNS 2013 diumumkan secara serentak. Silakan masyarakat melamar sesuai for­ masi yang diinginkan. Pengumumannya dapat dilihat di media massa," ujar Kepada Badan Kepegawaian Daerah Sumbar, Jayadisman, kepada Padang Ekspres kemarin (11/9).

Formasi guru paling banyak diterima. Di Sawahlunto, 50 formasi seluruhnya untuk guru. Rinciannya, 37 orang dibuka untuk guru kelas dengan jenjang pendidikan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Untuk Pemprov Sumbar, dibatasi jumlah pendaftar CPNS 2013 hanya 8 ribu pelamar. Jika kuota telah terpenuhi, maka pendaftaran langsung ditutup. Formasi Solsel Ditunda

Sementara itu, pengumunan formasi CPNS 2013 batal serentak di Sumbar. Di Solsel, pengumuman ditunda karena ada bebe­ rapa formasi yang disetujui Menteri PAN-RB, tidak sesuai ke­ butuhan daerah. Untuk itu, Pemkab Solsel tengah melaku­ kan klarifikasi ke Men PAN-RB.

Bupati Solsel Muzni Zakaria saat dikonfirmasi mengatakan sedang menuju Jakarta guna mengklarifikasi formasi CPNS 2013 ke Kemen PAN-RB. "Formasi CPNS 2013 Solsel harus disempurna­ kan dulu, karena ada formasi tidak sesuai kebutuhan daerah. Untuk itu, kita tunda dulu pengumumannya," terang Muzni.

Dia mencontohkan kebutuhan daerah adalah guru komputer di SMK, namun formasi yang disetujui guru teknik sipil dan teknik mesin. Lalu jurusan pertambangan, menurut Muzni juga bukan kebutuhan Solsel.

Usai klarifikasi ke Kemen PAN-RB, kata Muzni, formasi CPNS 2013 langsung diumumkan. Begitu juga soal tambahan tes wa­ wancara, Muzni mengaku masih membicarakannya lebih lan­ jut. "Sedang kita pikirkan. Belum ada diputuskan. Kita masih mencari mana terbaik, apakah sekali tes atau dua kali tes," ucapnya.

Sementara Pemkab Pasaman sudah membuka pendaftaran CPNS 2013 hingga seminggu ke depan. Untuk Pasaman tersedia 40 formasi dengan rincian, guru kelas (PGSD) sebanyak 33 orang, dan guru produktif sebanyak 7 orang. Guru produktif ini terdiri dari guru elektro/elektronika 2 orang, guru teknik otomotif 1 orang, guru pertanian 1 orang dan guru teknologi informatika 3 orang. Kepala BKD Pasaman, Zulfahmi mengingatkan para pela­ mar agar menyiapkan berkas lamarannya secara lengkap. Jika tidak, panitia penerimaan CPNSD 2013 tidak akan memproses surat lamarannya.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs penerima­ an CPNS 2013 nasional dengan situs http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 12-17 September 2013, dan kelengkapan administrasi dikirim via pos paling lambat tanggal 18 September 2013 pukul 23.59 WIB cap pos.

"Untuk itu, sebelum mendaftar, saya ingatkan supaya pela­ mar teliti sebelum mengirim surat lamarannya. Berkas lamaran tidak lengkap tidak akan kita proses untuk ditetapkan sebagai peserta tes," kata Zulfahmi.

Seleksi ujian masuk tahap I akan dilaksanakan secara seren­ tak pada Minggu (3/11). Khusus Pasaman, para pelamar akan melewati dua tahapan seleksi ujian meliputi tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB). "Bagi pelamar dinyatakan lulus tes tahap I (TKD), berhak mengikuti tes tahap II (TKB),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014