Latihan CAT CPNS 2014

Formasi CPNS 2013 Pemprov Di Sumbar Diperebutkan

Jumat, 13 September 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

Lowongan CPNS Sumbar 2013 - Pertarungan mem­pe­re­butkan formasi CPNS 2013 Pemprov plus enam ka­bupaten/kota di Sumbar, resmi dita­buh. Tercatat 624 formasi bakal diper­e­but­kan calon peserta CPNS, umumnya di­­do­minasi formasi tenaga guru.

Rinciannya, Pemprov sebanyak 193 orang, Kepulauan Mentawai 141 orang, So­lok Selatan 100 orang, Padangpanjang 50 orang, Pasaman 40 orang, Sawah­lun­to 50 orang, dan Dharmasraya 50 orang. Pem­prov Sumbar bersama Dhar­mas­raya dan Sawahlunto akan meng­guna­kan sistem computer assisted test (CAT), se­dangkan daerah lainnya tetap me­ma­kai sistem lembar jawaban komputer (LJK).

”Hari ini (12/9), pengumuman for­ma­si CPNS 2013 diumumkan secara serentak. Si­lakan masyarakat melamar sesuai for­masi CPNS yang diinginkan. Pengu­mumannya da­pat dilihat di media massa,” ujar Ke­pada Badan Kepegawaian Daerah Sum­bar, Jayadisman, kepada Padang Eks­pres kemarin (11/9).

Formasi CPNS guru 2013 paling banyak diterima. Di Sawahlunto, 50 formasi CPNS seluruhnya untuk guru. Rinciannya, 37 orang dibuka untuk guru kelas dengan jenjang pendidikan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Untuk Pemprov Sumbar, dibatasi jumlah pendaftar CPNS 2013 hanya 8 ribu pelamar. Jika kuota CPNS 2013 telah terpenuhi, maka pendaf­taran CPNS 2013 langsung ditutup.

Formasi Solsel Ditunda

Sementara itu, pengumunan for­masi CPNS 2013 batal serentak di Sum­­bar. Di Solsel, pengumu­man for­masi CPNS ditunda karena ada bebe­ra­pa formasi CPNS yang disetujui Men­teri PAN-RB, tidak sesuai ke­bu­tuhan daerah. Untuk itu, Pem­­­­k­ab Solsel tengah mela­ku­kan klarifikasi ke Men PAN-RB.

Bupati Solsel Muzni Zakaria saat dikonfirmasi mengatakan se­dang menuju Jakarta guna me­ng­klarifikasi formasi CPNS ke Kemen PAN-RB. “Formasi CPNS 2013 Solsel harus disempur­na­kan dulu, karena ada formasi CPNS ti­dak sesuai kebutuhan daerah. Un­tuk itu, kita tunda dulu pe­ngu­mumannya,” terang Muzni.

Dia mencontohkan kebutu­han daerah adalah guru kom­puter di SMK, namun forma­si CPNS yang disetujui guru teknik sipil dan teknik mesin. Lalu jurusan per­tambangan, menurut Muzni juga bukan kebutuhan Solsel.

Usai klarifikasi ke Kemen PAN-RB, kata Muzni, formasi CPNS langsung diumumkan. Be­gitu juga soal tambahan tes wa­wancara, Muzni mengaku ma­sih membicarakannya lebih lan­jut. “Sedang kita pikirkan. Be­lum ada diputuskan. Kita ma­sih mencari mana terbaik, apakah se­kali tes atau dua kali tes,” ucapnya.

Sementara Pemkab Pasa­man sudah membuka pendaf­ta­ran CPNS 2013 hingga seming­gu ke de­pan. Untuk Pasaman tersedia 40 formasi CPNS dengan rincian, guru kelas (PGSD) sebanyak 33 orang, dan guru produktif se­ba­nyak 7 orang. Guru produktif ini terdiri dari guru elektro/elektro­nika 2 orang, guru teknik oto­motif 1 orang, guru pertanian 1 orang dan guru teknologi infor­matika 3 orang.

Kepala BKD Pasaman, Zul­fah­­mi mengingatkan para pela­mar CPNS 2013 agar menyiapkan ber­kas la­ma­rannya secara lengkap. Jika ti­dak, panitia penerimaan CPNS 2013 tidak akan memproses su­rat lamarannya.

Pendaftaran CPNS 2013 dilakukan seca­ra online melalui situs peneri­ma­an CPNS nasional dengan situs http://sscn.bkn.go.id mulai tang­gal 12-17 September 2013, dan kelengkapan administrasi di­kirim via pos paling lambat tang­gal 18 September 2013 pu­kul 23.59 WIB cap pos.

“Untuk itu, sebelum Melakukan Pendaftaran CPNS 2013, saya ingatkan supaya pe­la­mar CPNS 2013 harus teliti sebelum mengirim surat lamarannya. Berkas lama­ran tidak lengkap tidak akan kita pro­ses untuk ditetapkan sebagai peserta tes CPNS,” kata Zulfahmi.

Seleksi ujian masuk tahap I akan dilaksanakan secara seren­tak pada Minggu (3/11). Khusus Pa­­s­aman, para pelamar akan me­­le­wati dua tahapan seleksi ujian me­liputi tes kompetensi da­sar (TKD) dan tes kemam­puan bi­­dang (TKB). “Bagi pela­mar di­nya­takan lulus tes tahap I (TKD), ber­hak mengikuti tes ta­hap II (TKB),” ucap Zulfahmi.(padangekspres.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014