Latihan CAT CPNS 2014

Pe­nun­tasan Pe­nga­ng­katan Tenaga Honorer K2 2013

Minggu, 12 Mei 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

Lowongan CPNS 2013- Pemerintah hanya me­mi­liki waktu dua tahun untuk me­nun­taskan pe­nga­ng­katan tenaga honorer kategori 2 (K2). Upaya ini tidak mudah karena jumlahnya mencapai 600 ribu orang lebih. Pemerintah akhirnya memu­tuskan mengangkat mereka secara ber­tahap dan me­nunggu hasil uji publik. Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Huk­mas) Kementerian Pendayagunaan Apa­ratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) M. Imanuddin me­nga­takan, pihak­nya optimis pengangkatan tenaga honorer K2 ini berlangsung lancar dan adil. 

Dia mengatakan, pengangkatan te­naga honorer K2 itu merupakan amanah dari Peraturan Pemerintah (PP) tentang pe­nga­ng­katan tenaga honorer menjadi CPNS. ”Penga­ng­katan sejatinya sudah dimulai tahun lalu, yakni mengangkat yang tenaga honorer kategori 1 (K1) dulu,” tandasnya. Untuk saat ini pengangkatan tenaga honorer K1 sudah beres dan tinggal menuntaskan urusan penerbitan NIP (nomor induk pega­wai). Nah tugas tahun ini adalah me­lanjutkan pengangkatan te­naga honorer K2. ”Pen­gang­katan te­naga honorer K2 dimulai tahun ini hingga 2014,” jelas dia. 

Imanuddin mem­perkirakan jika tahun ini kuota penga­ngkatan tenaga honorer K2 berjumlah seratus ribu orang. Namun jumlah pastinya masih me­nung­gu pem­bahasan lebih lanjut. Yang paling krusial menje­la­ng pengangkatan tenaga honorer K2 adalah validasi data. Saat ini proses validasi data masuk tahap uji publik. Nama-nama tenaga honorer K2 di­umumkan ke masyarakat me­lalui instansi masing-masing. Harapannya adalah, untuk men­ya­ring jika ada tenaga honorer K2 siluman. Sampai saat ini proses uji publik terus berjalan. Nantinya Ke­men PAN-RB akan me­ner­bitkan nama-nama definitif tenaga honorer K2. 

Nama-nama inilah yang berhak ikut seleksi pengangkatan melalui ujian tulis sesama honorer K2. Perkiraan pelaksanaan ujian tulis untuk tenaga honorer K2 ini Juli men­datang. Sementara itu, pen­gang­katan tenaga honorer K1 dan K2 masih menuai kritik dari ang­gota dewan. Anggota Komisi II DPR RI Malik Haramain me­nu­turkan, hingga saat ini tidak ada kejelasan dari pemerintah ter­kait pengangkatan tenaga honorer. Ada berbagai alasan yang dikemukakan pemerintah se­hingga pengangkatan tenaga honorer selalu molor. 

Kita ini Komisi II sampai pegel dengan KemenPAN dan RB dan BKN yang terus menerus mengolor waktu pengangkatan tenaga honorer K1 dan K2. Alasannya ada saja, mulai dari data yang belum valid, sampai persoalan anggaran,” jelas Malik ketika dihubungi, kemarin. Malik menekankan, DPR memberi waktu cukup lama kepada pemerintah terkait pen­ga­ng­katan tenaga honorer baik K1 dan K2. 

Proses tersebut sudah dimulai sejak tahun 2009. Namun hingga kini, masalah pengangkatan tenaga honorer belum juga rampung. ”Tenaga honorer K1 dan K2 ini sudah lama jadi honorer, sudah ber­ta­hun-bertahun. Mereka juga punya nuansa mengabdi, jadi sebaiknya proses pengangkatan segera diperjelas. Kita sudah berikan waktu bertahun-tahun, mulai dari 2009 sampai seka­ra­ng belum juga selesai,” tegasnya. 

Karena itu, politikus PKB tersebut menyatakan DPR akan terus memantau dan men­ge­valuasi pemerintah terkait ma­salah pengangkatan tenaga honorer. ”Kita akan terus evaluasi, da­lam raker-raker juga kita per­tanyakan serius tentang pen­ga­ngkatan K1 dan K2. Kita akan pantau terus,” imbuhnya.(http://padangekspres.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014