Latihan CAT CPNS 2014

Solok Selatan Rencana Buka Lowongan CPNS 2013 Mengisi Kekurangan CPNS Guru

Senin, 11 Februari 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

Info Lowongan CPNS Solok Selatan - Solsel, Padek - Minimnya te­naga kependidikan (guru) hing­ga kini masih terjadi di Ka­bupaten Solok Se­latan provinsi Sumatera Barat. Te­r­utama guru Sekolah Da­sar (SD). Saat ini, daerah ujung se­latan Sumbar itu, kekurangan se­dikitnya 218 guru SD. Keku­rangan itu tersebar di seluruh kecamatan.


Rencananya, pada penerimaan CPNS 2013 ta­hun ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan akan m­e­ngajukan permohonan formasi CPNS Solok Selatan un­tuk mengisi kekosongan terse­but. “Memang formasinya belum kita ajukan. Masih menunggu kepastian penerimaan CPNS tahun ini,” terang Kadis Pendidikan Sol­sel, Fidel Efendi, beberapa waktu lalu.


Catatan Dinas Pendidikan, di So­l­­sel terdapat 139 unit SD Negeri dan 4 unit SD swasta. Jumlah guru SD sa­at ini sebanyak 2.041 orang dan jum­lah murid sebanyak 21.625 orang.


Kekurangan guru SD paling ba­nyak terjadi di Kecamatan Sangir Ba­tang Hari (SBH) yakni 71 orang. Ke­camatan ini, termasuk kawasan yang terletak paling jauh dari ibu kota pemerintahan Padangaro. Bila dari pusat pemerintahan kecama­tan SBH di Abai, maka harus m­e­nempuh 38,6 kilometer menuju Pa­dangaro. Itu pun dengan kondisi jalan yang kurang mulus. Rentang kendali kecamatan ini juga luas. Se­bagiannya kawasan terletak di dae­rah aliran sungai Batanghari, a­n­tara lain Lubuk Ulang-aling Se­latan, Lubuk Ulang-aling Induk, dan Lubuk Ulang-aling Tangah. Nya­ris tak ada akses jalan darat yang layak untuk menjangkau masyarakat di tiga nagari tersebut. Sebagai sarana peng­hubung antar kampung di tiga na­gari itu, warga di sana meng­gu­nakan transportasi air, atau biasa di­kenal timpek.


Tiga kawasan ini masuk dalam ka­tegori daerah sulit atau terisolir. Se­hingga, bagi guru yang berkenan un­­tuk mengabdi di sana, peme­rin­tah menyediakan tunja­ngan khu­sus. Antara lain tunjangan dae­rah (tun­da) sebesar Rp1,5 juta, dan tun­jangan propinsi Rp1 juta per bu­lan. Meski tunjangan yang dita­war­kan adalah nominal yang cukup besar, namun tidak serta merta membuat para angkatan kerja khususnya ca­lon guru mengangguk untuk di tem­patkan di sana.


Selain daerah jangkauannya su­lit, minimnya guru SD malah juga ter­­jadi di daerah ibukota peme­rin­tahan, atau kecamatan Sangir. Di sini, kekosongan guru SD men­capai 45 orang. Begitupula di kawasan Su­ngaipagu dan Koto Parik Gadang Di­ateh (KPGD), masing-masing ke­kurangan 15 orang dan 25 orang. Se­dangkan di Kecamatan Sangir­jujuan kekurangan guru mencapai 30 orang, dan kecamatan Sangir Balai Janggo kekurangan sebanyak 21 orang. Sementara itu, di Keca­ma­tan Pauhduo, hanya keku­rangan sebanyak 11 orang.


Fidel menambahkan, bila pene­ri­maan CPNS dibuka dan formasi yang diajukan Dinas Pendidikan ke BKD belum dikabulkan seluruh­nya, maka kekosongan guru SD ren­­cananya akan diisi oleh pa­ra pe­gawai honorer K1 yang ber­tu­gas di Disdik. “Nanti ke­ko­songan itu akan disiasati de­ngan cara menem­pat­kan pega­wai ho­norer K1 di Disdik un­­tuk ditempatkan di se­kolah-se­ko­lah yang mengalami keku­rangan guru,” tuturnya. [Padang Ekspres]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014