Latihan CAT CPNS 2014

Jadwal Tes Tulis CPNS 2013 Juni

Jumat, 25 Januari 2013

Bagi yang berminat melamar CPNS tahun ini diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS nanti. Karena penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi. Dan perlu diingat bahwa sistem ujian CPNS 2014 diharuskan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) tanpa terkecuali. Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS menggunakan CAT dengan metode yang tepat, Coba gabung di Program
Ini

Jakarta, Padek—Pemerintah su dah berancang-ancang mem bu ka rekrutmen calon pegawai ne geri sipil (CPNS) 2013. Re n ca na nya tes dijalankan akhir Juni nan ti. Honorer kategori dua (K2) men dapat prioritas pengang katan.
 
Progres persiapan tes CPNS 2013 ini dipaparkan Wakil Men­teri Pendayagunaan Apara tur Ne gara dan Reformasi Birokrasi (Wa men PAN-RB) Eko Prasodjo. “Kita sudah koordinasi dengan tim pengawas reformasi biro kra s i nasional yang diketuai Pak Wa pres,” katanya kemarin.
 
Hasil konsultasi itu memu tus kan moratorium atau peng hen­tian sementara rekrutmen CPNS baru dihentikan. Dengan demikian, tahun ini ada rekrut men CPNS baru. Meski moratorium dicabut, usul permintaan CPNS baru tidak diperlonggar. Eko menjelaskan, kuota CPNS ba ru belum bisa ditentukan se karang. Sebab, saat ini kuota di ten tukan kebutuhan masing-ma sing instansi pusat atau daerah.
 
”Jika model yang lama, kuo ta nasional ditetapkan dulu. Baru disebar merata di setiap instan si,” kata dia.
 
Menurut Eko, mulai saat ini instansi pusat atau daerah sudah bisa memasukkan permintaan kuota atau formasi CPNS baru. Di Kemen PAN-RB, permintaan itu akan dicek dengan sejumlah instrumen lainnya. Di antaranya, analisis kebutuhan PNS untuk lima tahun mendatang.
 
Yang jelas, pemerintah me mas tikan tes CPNS 2013 akan diisi pelamar umun dan tenaga honorer K2. “Tenaga honorer K2 kita prioritaskan karena amanah PP (peraturan pemerintah),” tim palnya. PP itu menga ma nah kan honorer K2 diangkat secara bertahap mulai tahun ini hingga 2014. Jumlah honorer K2 ham pir 600 ribu jiwa, tetapi tidak diangkat semua nya.
 
Posisi pelamar umum hanya untuk kursi yang tidak memiliki kandidat di kelompok honorer K2. Saat ini honorer K2 menum puk di kursi guru, pera wat, dan te naga teknis lainnya. Eko men je laskan rangkaian rekrut men CPNS 2013 dimulai efektif Maret depan. Yakni dengan sosialisasi pendaftaran ke masyarakat. “Kemudian tes dijalankan akhir Juni. Kalau molor mungkin awal Juli,” tandasnya.
 
Eko mengaku, sempai sek a rang belum menerima analisis be ban kerja pegawai dari seluruh kementerian dan lembaga. Ana lisis beban kerja tersebut dibu tuh kan untuk memutuskan alokasi dana untuk penerimaan dan gaji PNS baru dalam APBN 2013. “Proses anggaran kita tung gu sampai Juni paling lam bat. Itu pun masih dicek lagi, benar atau tidak analisis beban kerjanya,” katanya di kantor Sekretariat Negara.
 
Alokasi anggaran CPNS 2013, jelasnya, diawasi oleh ko mi te pengawas yang langsung di pim pin oleh Wakil Presiden Boe­diono. Eko menolak me mastikan jum lah PNS baru yang akan di terima tahun depan, ter masuk mengenai pemenuhan kuota 60.000 PNS yang ditetap kan Ke menterian PAN dan RB. “Me mang kita menganggarkan se gitu, tetapi tergantung kebu tu han. Karena yang terpenting b a gi kita bukan targetnya tapi ke bu tuhannya benar atau tidak,” katanya.
 
Skenario teknis tes CPNS 2013 kemungkinan diperba ha rui. Yakni pelamar langsung men jawab soal ujian di depan kom puter (computer assisted test/CAT). Pusat sarana CAT ma sih belum tersebar di daerah. Un tuk itu mereka menjajaki ker ja sa ma dengan PTN (per guruan tin g gi negeri) yang direko men da si kan Kementerian Pen didi kan dan Kebudayaan (Kemen­dik bud).
 
Data BKN, tenaga honorer K2 yang sudah masuk men ca pai 582.220. Jumlah itu terdiri da ri 562.095 honorer K2 yang di te­ri ma dari instasi pusat dan dae rah, 12.709 luncuran honorer K1 yang tidak memenuhi krite ria, dan susulan honorer K2 yang di terima BKN. (wan/oki/jpnn Via Padang Ekspress)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari

Arsip Berita

Latihan CAT CPNS 2014